Senin, 13 Januari 2014

Resensi K-Drama Part 1

Well, ternyata cukup lama gak nulis di blog..
For some reasons i decide to change my blog, just renewing it..^^


Setelah sekian lama gak nulis, tiba-tiba kepikiran, kayaknya menarik kalo aku bikin resensi dari semua K-drama yang udah pernah  aku liat.hoho
Yup, aku adalah penikmat drama Korea, bahkan jauh sebelum Hallyu Wave melanda Indonesia yang kalo gak salah mulai masif sejak tahun 2009. Kalo diinget-inget mungkin udah ada puluhan judul yang aku tonton, because i've been being k-drama lover since 2004. Woaa, it's 9 years already. hahaha
Sepertinya resensi ini bakal kubuat jadi beberapa part, mengingat aku harus me-recall memori tentang drama-drama yang mungkin udah banyak lupanya. Dan untuk membantu mengingat, aku dibantu arsip drama yang ada di Hancinema.

Oke, Resensi Part 1 ini adalah drama yang kutonton di periode tahun 2004-2006. Jadi ini adalah daftar drama yang kutonton sepanjang tahun tersebut. Keterangan tahun yang ada di drama yang aku cantumin adalah tahun asli penayangan drama yang bersangkutan.
Here they are... :D

1. Full House (2004)




Full House adalah drama yang wajib aku tulis jadi urutan pertama. Kenapa? karena gara-gara drama inilah aku jatuh cinta pada K-Drama. Bagiku yang sebelumnya hanya tau kalau drama korea itu adalah drama yang bikin banjir air mata, menonton drama ini adalah kejutan. Tema contract-marriage, aktor dan aktris yang good looking, jalan cerita yang fresh dan cukup representatif sebagai drama bergenre komedi romantis adalah beberapa faktor yang membuat drama ini menarik dan bahkan jadi trend setter drama-drama berikutnya dengan konsep serupa. Gak heran juga, karena popularitasnya, drama ini sempat dibuat sequel-nya (Full House Take 2) tapi sayangnya sequelnya gak berhasil mendapat popularitas seperti drama pendahulunya.

Rating : 4 of 5

2. What Happened in Bali (2004)




Daya tarik drama ini adalah of course, karena settingnya melibatkan Bali. Semua tokoh bertemu pertama kali di Bali, dan 3 tokoh utamanya diakhiri hidupnya di Bali. Tokoh utama pria menembak mati si wanita dan second lead guy, kemudian dengan latar belakang sunset, dia menembak dirinya sendiri. 
-_-Iya, emang nyebelin, this drama is such annoying because of the ending.

Rating : 3 of 5

3. Attic Cat (2003)


Honestly, aku gak selesai nonton drama ini. Tapi, drama ini cukup memorable buatku karena aku nonton drama ini dari salah satu stasiun swasta (yang aku juga lupa) yang waktu itu frekuensinya belum ketangkep sempurna oleh antena tv di rumah. Jadilah nonton drama ini untung-untungan, itupun dengan gambar yang bersemut (?). haha
Jalan ceritanya sendiri aku gak begitu inget, yang jelas, tokoh utama pria dan wanita ini gak sengaja tinggal di satu rumah yang ada di atap. Itu lho, tipe-tipe rumah di Korea yang kayak begini :


Genrenya komedi romantis, tapi agak membosankan. Oh ya, satu hal yang aku inget sekarang adalah, aktris utama pemain drama ini (Jung Da Bin), sudah meninggal karena gantung diri di rumah kekasihnya. *sigh* tragis.

Rating : 2 of 5

4. Summer Scent (2003)

Bukan drama favorit sebetulnya karena yang aku inget waktu nonton drama ini adalah aku jengkel sama tokoh wanitanya, sepertinya kalau gak salah inget karena karakternya yang gak tegas memilih di antara dua pria. Aku nonton ini karena ngikutin penayangannya yang diputer di stasiun tv ikan terbang. Lebih tepatnya, aku nonton ini karena gak ada referensi tontonan drama yang lain. Hoho

Rating : 2 of 5

5. Jewel in the Palace (2003)



Jewel in the Palace termasuk drama yang sangat sukses meninggalkan kesan di hati pemirsanya, termasuk aku. Drama ini adalah drama saeguk (sejarah) Korea pertama yang aku tonton. Episodenya panjang bok..tapi betah banget buat ngikutin ceritanya yang mengenalkan Jang Geum, seorang wanita yang pada akhirnya menjadi dokter wanita pertama di Korea. Yang menarik, drama ini identik dengan masakan, karena Jang Geum memulai kariernya di istana dengan menjadi dayang yang punya sense of cooking luar biasa. Dinamika alur ceritanya menarik, beberapa kali penonton akan dibuat terkejut dengan twist yang ada, Jang Geum sendiri merupakan sosok yang inspiratif karena karakternya yang cerdas, gigih, dan punya tekad belajar yang kuat.

Rating : 4,5 of 5

6. Stairway to Heaven (2003)


Yang aku inget dari menonton drama ini adalah aku cukup tertekan. haha Karena ceritanya kompleks, seolah-olah hidup si tokoh wanita ini isinya cuma penderitaan. Alurnya dimulai dari masa muda masing-masing karakter, dan berlanjut ke masa dewasa mereka. Beberapa masalah yang aku inget adalah si wanita sempat dikira udah mati tapi ternyata masih hidup, terus dia mengalami kebutaan sampai akhirnya dapet donor kornea mata dari second lead guy-nya yang ternyata udah meninggal. Jadi, second leadnya sengaja bunuh diri supaya bisa ngasih kornea matanya, padahal si tokoh wanita mengira dia masih hidup di luar negeri karena slalu ada kartu pos yang dikirim buat dia. Dan endingnya wanita ini mati. Tinggallah lead actor-nya ditinggal sendirian di pinggir pantai. haha Itu sih yang aku inget. Dan gara-gara drama ini aku sempat benci banget sama Kim Tae Hee karena perannya yang juahattt di drama ini.

Rating : 3 of 5

7. Sweet 18 (2004)

Drama yang bertema pernikahan karena perjodohan yang dibuat oleh kakek mereka. Gak terlalu istimewa, si wanita adalah anak SMA, dijodohin sama si pria yang profesinya polisi. Biasa aja sebetulnya jalan ceritanya. Yang menarik adalah pasangan ini pada waktu itu adalah couple sungguhan, cuma beberapa saat setelah main drama ini mereka putus. 

Rating : 3 of 5

8. Lovers in Paris (2004)


Yeee aku suka drama ini. Drama yang bikin aku jatuh cinta sama kota Paris dengan segala romantismenya. hoho Meskipun awalnya gak suka sama aktor-aktrisnya, tapi waktu ngikutin alur ceritanya...waaah, romantis....Penulis drama ini (Kim Eun Sook) adalah penulis drama yang punya record sebagai penulis drama hits. Satu ciri khas dari dramanya adalah tokoh pria kalau udah jatuh cinta, keliatan cinta banget sama tokoh wanita sampe rela berkorban banyak hal dari harta sampe kedudukan, walhasil bikin perempuan-perempuan yang nonton bisa  berekspresi "oh..so sweet". hihi
Sayangnya, meski punya plot yang bagus, ending drama ini di luar ekspektasi. Masuk kategori open ending, jadi ya agak mengecewakan memang.

Rating : 3,5 of 5 

9. Sorry I Love You (2004)


Drama ini adalah drama yang dibintangi So Ji Sub yang aku tonton setelah drama What Happened in Bali. Entah karena wajahnya yang memang sendu banget atau kenapa, si ahjussi ini selalu kebagian peran di drama yang bergenre mellow, termasuk ini. Dia disini berperan sebagai sosok brandal, suatu ketika waktu terlibat perkelahian, ada peluru nyasar di kepalanya, dan gak bisa dikeluarin. Serem ngebayangin dia hidup dengan ada peluru bersarang di kepalanya..Yang jelas dia bakal mati dalam kurun waktu tertentu. Akhirnya, dia berniat mencari ibu kandungnya. Dan dalam pencariannya ini akhirnya dia bertemu sosok wanita yang akhirnya bisa mencintai dia dengan tulus. Yang jelas, tokoh pria ini sepanjang sisa hidupnya berniat balas dendam, tapi akhirnya teredam karna ketemu si wanita itu. Endingnya? Mati semua. *banjir air mata*

Rating : 3,5 of 5

10. Sassy Girl Chun Hyang (2005)



Kyaaa..ini adalah salah satu drama favoritku. Drama yang mengadaptasi dari cerita rakyat Korea yang berhasil jadi versi modern, dengan alur cerita yang kocak. Ini termasuk drama yang masih beberapa kali ku rewatch karena selalu berhasil bikin tetep ngakak. Beberapa hal menarik dari drama ini adalah para pemainnya yang keliatan serasi, temanya yang tentang menikah karena kecelakaan membuat plotnya mengarah pada kedua tokoh ini selalu berantem, jarang bisa mengekspresikan perasaannya dengan jujur, tapi sekalinya jujur jadi manis banget.. hoho Oiya, penulis naskah drama ini juga penulis dari drama-drama yang hits, namanya Hong Sisters. Beberapa drama mereka selanjutnya juga jadi drama favoritku... ;)

Rating : 4 of 5

11. 18 vs 29 (2005)


Drama ini temanya unik, menceritakan tentang sepasang suami istri. Suaminya artis. Mereka sudah saling kenal sejak SMA. Aku lupa karena kecelakaan atau apa, yang jelas si istri lupa ingatan, memorinya adalah memori pada saat dia berumur 18 tahun. Akhirnya dengan kondisi begitu dia gak inget gimana akhirnya bisa menikah dengan suaminya yang sekarang. Jadilah sang suami mencoba mengembalikan ingatan istrinya dengan me-reenact kenangan-kenangan mereka. Aku gak begitu inget dengan jelas jalan ceritanya, tapi kurang lebih begitu. Cukup enjoy ditonton, cuma agak membosankan alurnya. 


Oiya, di drama ini ada Choi Shi Won Super Junior, dia berperan jadi si suami pada waktu SMA.
 Rating : 3 of 5

12. Wonderful Life (2005)

Drama ini bertema married by accident. Iya, meskipun gak saling kenal awalnya, singkatnya dua tokoh utama ini menikah karena si wanita hamil. Dari yang awalnya sama sama terpaksa nikah, sampai akhirnya saling mencintai, dan akhirnya sama-sama berjuang buat anak mereka yang kena leukemia. Lumayan kocak, meski gak begitu meninggalkan kesan bagiku..

Rating : 3 of 5

13. Loveholic (2005)

Yang ini, aku lupa-lupa inget ceritanya. Kalo gak salah, drama ini menceritakan tentang kisah cinta guru-murid. Cuma aku sama sekali gak inget jalan ceritanya. Membosankan. Om Kangta kayaknya mending nyanyi aja deh. Hehe

Rating : 1,5 of 5

14. Rules of Love (2005)


Ehm, ini drama dengan plot sangat ringan. Kehidupan sehari-hari dari orang-orang yang berkecimpung di dunia fotografi. Aku gak punya kesan khusus tentang drama ini.

Rating : 1,5 of 5

15. Let's Go To The Beach (2005)


Aku masih inget di awal nonton drama ini aku punya ekspektasi lebih karena genrenya komedi romantis dengan setting yang gak biasa yaitu tentang kehidupan penjaga pantai. Dan lagi, tokoh utama prianya adalah adik dari aktris Kim Tae Hee, tapi ternyata plotnya kurang menarik. Kesimpulannya, saia kecewa. hehe

Rating : 2,5 of 5

16. Wedding (2005)
Lagi-lagi drama dengan tema pernikahan, dari judulnya aja udah keliatan. hehe
Kalau gak salah inget, dua tokoh ini menikah karena perjodohan juga. Jadi di sini nyeritain kehidupan pernikahan mereka, dimana tokoh pria masih belum bisa move on dari first love-nya, walhasil karena sikapnya itu bikin tokoh wanita sering tersakiti. Well, pada akhirnya si tokoh pria ini bisa mencintai istrinya. Dan happy ending..
Yah, alurnya lumayan sebetulnya, cuma dua karakter drama ini menurutku adalah orang yang membosankan, jadi belum bisa jadi favorit..

Rating : 3 of 5

17. Sweet Spy (2005)

Sesuai judulnya, drama ini memang berkisah tentang dunia spy. Jalan ceritanya bagiku biasa aja karena aku gak begitu suka action. Tapi tokoh prianya sangat sangat bisa bikin betah nonton, namanya Dennis Oh, bule berdarah korea yang emang manis. hihi

Rating : 3 of 5

18. My Girl (2005)

Nahh..ini drama Hong Sisters yang lain. Bisa ditebak, ceritanya unik dan kocak. Drama ini berkisah tentang seorang wanita yang berpura-pura jadi cucu yang dianggap hilang oleh keluarga kaya. Yang berkesan, dua tokoh dari Sassy Girl Chun Hyang muncul jadi cameo di episode terakhir. Si Chun Hyang muncul sebagai cucu asli, dan dia memperkenalkan Mong Ryong sebagai suaminya. Haha girang banget liatnya, apalagi paman dan bibi yang ada di drama ini adalah pemeran ayah dan ibu Mong Ryong di SGCH. 

Rating : 3,5 of 5

19. Princess Hours / Goong (2006)

Princess Hours termasuk drama yang sukses pada saat itu. Drama ini diangkat dari manhwa (komik korea) dengan judul Goong. Kisahnya merepresentasikan cinderella di jaman modern, dimana seorang gadis biasa ternyata dijodohkan dengan seorang Pangeran dari Kerajaan Korea. Drama ini kocak, romantis, dan cukup meninggalkan kesan. Yang aku suka adalah baju-baju yang dipakai si putri ini, keliatan elegan dan sophisticated, ya meskipun kadang-kadang ada yang agak lebay juga sih. Tapi overall, Yoon Eun Hye keliatan cantik di drama ini. Selain itu, dari drama inilah aku pertama kali mengenal Song Ji Hyo alias Miss Mong yang sekarang dikenal jadi Ace-nya Running Man. Karakternya di drama ini bertolak belakang banget sama aslinya yang biasa kita liat di variety show. Kekeke

Rating : 4 of 5

20. Hwang Jin Yi (2006)

Drama saeguk yang aku tonton setelah Jewel in the Palace. Menarik, karena mengangkat kisah Gisaeng (wanita penghibur di Korea) yang mencintai seni dengan segala intriknya. Drama ini mengisahkan bagaimana seorang gisaeng yang dikelilingi beberapa pria yang mencintainya, tapi kalau gak salah, semua pria itu pada akhirnya mati. Aku gak begitu serius nonton drama ini karena hanya mengikuti penayangannya di tv, jadi kadang-kadang ada episode yang terlewat.

Rating : 3 of 5

Note :

Drama-drama yang ada periode tahun 2004-2006 memang banyak yang mengangkat tema pernikahan. Dari pernikahan kontrak, pernikahan karena perjodohan, sampai pernikahan karena kecelakaan. Beberapa berhasil menarik perhatian tapi ada juga yang gak berhasil karena jalan ceritanya kurang kuat. Yang jelas yang aku inget adalah periode ini adalah periode dimana aku asal nonton drama. Jadi ada beberapa drama yang sebetulnya gak bagus tapi malah kutonton. Dan wow, baru tahun 2004-2006 aja, udah ada 20 judul yang kutonton. Haha Nanti kita lanjut ke part berikutnya ya.. :)

Source : Google, Dramawiki, Hancinema

Bersambung ke Part 2





























3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. meski nontonnya kayak ngaduk adonan alias tabrak aja, tapi amazing banget bisa sebnyak ini listnya terus sebagian besar ditonton..
    yaaaaaaaa dengan bantuan si stasiun ikan terbang..wkwkwk.. (waktu itu belum tenar tuh si elang terbang di mana2, jadi drakor yg diputer ya)

    yg membuatku ngakak dan selalu menunggu postingan ini ya..
    kamu bilang misal drama ini ga banget.. ato endingnya yg ga terlalu bagus, misal pada mati berjama'ah (ini drama ato pembunuhan masal y ?) tapiiiiiiiii kamu nonton sampai selese....
    kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen
    ini yg membuatku ngakak...
    terus gambar2 poster nya jaman dulu keliatan jadulnya y.. geliiiii..
    tapi ceritanya bisa long lasting.. ^0^

    BalasHapus
  3. secara jaman ini tu fasilitas tontonan drama kan blm secanggih skrg, jadinya asal ada drama yang bisa diikutin ditonton deh...hahaha

    BalasHapus